Tentang Rekayasa Perangkat Lunak

Logo RPL Lab ITS


Halo semua, pada tulisan kali ini saya hanya sekedar mengingat-ingat materi perkuliahaan semester-semester lalu. Nah, berhubung di jurusan saya semester 6 harus masuk ke bidang minat, jadi saya juga harus milih bidang minat apa yang sesuai sama minat dan juga kesukaan saya (kalau bakat sih belum ya :p ) nah berhubung saya masuk ke bidang minat RPL alias Rekayasa Perangkat Lunak alias Software Engineering, jadi saya harus ngerti dasar-dasar ilmu RPL. Untuk itu karena sudah banyak yang lupa jadi saya buka-buka lagi slide-slide kuliah RPL semester tiga lalu. Berikut saya coba rinci dan jelaskan lagi hasil belajar saya kali ini. Oh ya, sebelumnya gambar itu adalah Logo Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak di Jurusan Teknik Informatika ITS. Kalau kalian memilih bidang minat RPL, pastinya lab RPL jadi nggak asing lagi karena lab ini memang dikhususkan untuk membantu kelancaran perkuliahan di bidang RPL.

Sebelumnya, mungkin kita sudah sering mendengar kata Software. Baik itu software asli maupun bajakan :p . Namun, kebanyakan dari kita membayangkan software itu aplikasi komputer. Padahal Software nggak melulu aplikasi. Sistem Operasi, bahasa pemrograman ternyata juga merupakan bagian dari software. Trus sebenarnya Software atau perangkat lunak itu apa sih? 

Perangkat Lunak adalah Program komputer, prosedur, dan dokumentasi terkait serta data yang berkaitan dengan pengoperasian suatu sistem komputer. (IEEE Standard Glossary of Software Engineering Terminology, 1990)

Dari pengertian tersebut, bisa diketahui bahwa sebenarnya Software itu bukan hanya tentang program saja, namun juga mengenai prosedur, dokumentasi, serta data-data yang mendukung. 

Tetap menurut IEEE definisi Rekayasa Perangkat Lunak adalah “Software Engineering:  (1)  The application of a systematic, disciplines, quantifiable approach to the development, operation, and maintenance of software; that is the application of engineering to software.  (2)  The study of approaches as in (1).”

Jadi, RPL bukan hanya tentang pembuatan program saja, namun pada pengertian di atas, mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses produksi seperti manajemen proyek, penentuan personil, anggaran biaya, metode, jadwal, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.

Untuk dapat mengerti secara jelas mengenai perangkat lunak, kita perlu mengetahui beberapa karakteristik yang terdapat pada perangkat lunak tersebut.  Karakteristik tersebut adalah :
  • Pembuatan perangkat lunak berdasarkan logika. Ini menyebabkan pembuatan perangkat lunak berbeda antara satu programmer dengan programmer lainnya. Sehingga muncul pernyataan, "Menambahkan orang untuk  proyek  yang terlambat akan membuat penyelesaian perangkat lunak lebih terlambat "-. Brooks. Mengapa? Karena setiap programmer memiliki karakteristik dan logika masing-masing yang sulit untuk disamakan dengan programmer lain.
  • Perangkat lunak dikembangkan bukan dibuat oleh pabrik-pabrik tertentu. Hal ini berarti bahwa perangkat lunak tidak dibuat secara massal, karena dalam pembuatan perangkat lunak memerlukan perancangan yang baik. Perangkat lunak harus dibuat dengan memperhatikan kebutuhan dari pengguna. Karena kebutuhan pengguna berbeda-beda maka developer harus menggali kebutuhan pengguna perangkat lunak tersebut sehingga dapat dibuat perangkat lunak yang benar-benar memudahkan pengguna.
  • Perangkat lunak tidak akan pernah usang karena selalu diperbaharui.




Mungkin cukup sekian pengenalan dasar dari RPL. Pada bahasan berikutnya insyaallah saya akan membagi pengetahuan tentang RPL lebih terperinci. Terimakasih :D

Sumber : slide kuliah RPL 2011 pertemuan 1 dan tambahan pertemuan 1, KBK RPL, Teknik Informatika ITS dengan perubahan.

Komentar

Postingan Populer